Kegiatan Siswa di Sekolah

Jumat, 29 Januari 2010

PKS
(Patroli Kemanan Sekolah)

A. Pengertian PKS

     PKS (Patroli Keamanan Sekolah) adalah suatu kegiatan siswa di sekolah yang bertujuan untuk mendidik siswa menjadi anak yang disiplin, mengerti apa itu lalu lintas dan keamanan. Dalam PKS kita dapat mencari akar maslah keselamatan dan keamanan maupun solusinya (cara pemcahannya) di lingkungan sekolah dalam rangka mendukung proses belajar menajar, membangun solidaritas maupun kepekaan sosial guna mewujudkan rasa aman nyaman pada kegiatan belajar mengajar.



B. Materi yang diajarkan pada PKS

1. Pengetahuan Dasar Lalu Lintas

Tujuan pengaturan lalu lintas :
- Mengusahakan agar lalu lintas berjalan dengan aman, tertib, lancar dan nyaman.
- Mengusahakan adanya kesadaran, kepatuhan / ketaatan dari para pemakai jalan
   terhadap undang-undang yang berlaku.
- Untuk mengatasi kemacetan-kemacetan di jalan.

2. Kemapuan Mengguankan Tanda Bunyi Peluit

A. Tanda peringatan / perhatian :...Tiga kali tiupan pendek dan seterusnya.
B. Tanda Berkumpul                     :...Tiupan pendek dan seterusnya.
C. Tanda Bahaya                            :...Tiupan sedang dan seterusnya.
D. Tanda Berhenti                         :…Satu kali tiupan panjang dan seterusnya.
E. Tanda Maju                                :…Dua kali tiupan pendek dan seterusnya.
F. Tanda Minggir                           :…Tiga kali tiupan sedang dan seterusnya.

3. Kemampuan Melaksanakan 12 isyarat

Pengaturan Lalu Lintas :
a. Berhenti untuk semua jurusan .
b. Berhenti satu arah tertentu.
c. Berhenti dari arah depan.
d. Berhenti dari arah belakang.
e. Berhenti dari arah depan dan belakang.
f. Jalan dari arah kanan.
g. Jalan dari arah kiri.
h. Berjalan dari arah kanan dan kiri.
i. Percepat dari arah kanan.
j. Perlambat dari arah kiri.
k. Perlambat dari arah belakang.
l. Perlambat dari arah depan.

4. Kegiatan Pengaturan Lalu lintas


A. Memberiakn isyarat kepada pemakai jalan dengan menggunakan tangan atau alat
     alat lain.
B. Mengendalikan arus lalu lintas agar dapat berjalan dengan lancar dan tertib.
C. mengatasi kemacetan dan kepadatan lalu lintas di jalan umum.
D. Mengawasi dan bila perlu mengatur lalu lintas.
E. Mempengaruhi pemakai jalan untuk patuh dan dan taat terhadap peraturan lalu lintas.


C. PKS ESPERO


     PKS ESPERO ??? Siapa sih yang nggak tahu PKS ESPERO ??
PKS ESPERO adalah PKS nomor 1 di Klaten. Organisasi ini diadakan setiap hari senin jam 14.30 WIB bersamaan dengan kegiatan PMR.Tempat ada di pusat Jika kalian masuk di Organisasi ini kalian bisa menjadi anak yang displin dan bertanggung jawab. Organisasi ini biasanya mendatangkan dari pihak kepolisian untuk memperkenalkan apakah itu lalu lintas, baris – berbaris dan bagaiamana berkendara motor yang baik. Biasanya siswa yang mengikuti kegiatan ini hanya berkisar 40 anak karena banyak siswa yang tidak minat pada kegiatan ini mereka lebih suka PMR. Kader yang ada di organisasi ini keseluruhan berjumlah 40 orang. Dengan jumlah kader yang banyak ini kami membuat jadwal agar kader yang mengajar bisa teratur. Organisasi ini hanya diperuntukan siswa kelas VII dan VIII saja. Syaratnya menjadi anggota juga gampang kok yang penting siswa espero.
PKS ESPERO ini juga sering mengikuti karnaval setiap tanggal 17 Agustus. PKS ESPERO pernah juga mengikuti lomba PKS tingkat Kabupaten Klaten dan menjadi juara ke –2.


Berikut adalah foto-foto kegiatan PKS :

FOTO KARNAVAL AGUSTUSAN

D. Pengalamanku Mengikuti Kegiatan PKS

   
  Namaku Rizal Gani Iswari kelas 9C . Aku adalah anggota PKS ESPERO. Dulu pertama aku ikut PKS aku sangat rajin sekali dan aktif. Waktu pemilihan jadi PH (Pengurus Harian) aku pernah dijadikan sebagai ketua sementara. Di PKS aku diajari bagaimana cara baris yang baik, cara hormat yang baik dan masih banyak lagi deh.... !!! Yang membina kami adalah para kakak kelas VIII dan IX kadang – kadang alumni juga membina kami.
Kelas yang sering digunakan untuk mengajar adalah kelas VIII D. Sebelum pengajaran dimulai biasanya salah satu dari kami disuruh maju untuk menyiapkan dan berdoa, tetapi kadang-kadang aku juga disuruh maju untuk menyiapkan. Jika salah satu dari kami menyiapkan aba-abanya yaitu ” Pimpinan saya ambil alih untuk siswa / kelas....” Lalu ”duduk siap grak !!” Jika ada teman yang belum siap maka yang menyiapkan bisa berkata ”ulang” lalu ulangi aba-aba di atas. Selanjutnya, berdoa bisa dipersilahkan. Setelah berdoa, biasanya berhitung. Begitulah aba-aba yang digunakan ketika pembinaan / pemngajaran di mulai atau di tutup. Siswa yang berangkat biasanya hanya 30 orang. Teman-temanku lebih PMR daripada PKS padahal PKS kan mengasyikan.
Pembinaan di dalam kelas ataupun di luar kelas, pengajaran yang dilakukan adalah penjelasan, nyatat, dan game. Kami melakukan baris-berbaris biasanya di SD 2 atau SD 1 Klaten. Di SD tersebut kami diajari cara sikap sempurna yang baik, cara berjalan, dan masih banyak lagi. Biasanya kami pulang jam 16.30 WIB.
     Setelah kurang lebih setahun kami mengalami pembinaan, tiba saatnya untuk diklat (Pendidikan dan Latihan) PKS. Ini adalah saat yang kami tunggu-tunggu. Diklat ini dilakukan dengan menginap di sekolahan satu setengah hari biasanya pada hari sabtu dan minggu.. Dalam diklat ini kami akan diberikan serangkaian kegiatan yang sudah disusun para kader PKS. Kegiatan yang ada dalam diklat ini antra lain : ishoma (istirahat, sholat, dan makan), olahraga, JM (Jerit Malam), Pensi (Pentas Seni) dan lain-lain. Dalam Diklat PKS kegiatan yang paling kami senangi adalah JM (jerit malam).
Dalam diklat ruangan yang digunakan adalah ruang kelas VIII C yang terkenal angker sebagai ruang tidur siswa laki-laki, ruang kelas IX D sebagai tempat pensi, ruang kelas IX E sebagai ruang tidur para kader kami, dan ruang kelas VIII A sebagai ruang tidur siswa perempuan. Jam 14.00 WIB kegiatan diklat dimulai dan serangkaian kegiatan pun dilakukan.
       Tiba saatnya untuk pensi sekitar jam 20.00 WIB. Kelompok teman-temanku sudah pada maju sekarang giliran kelompokku yang mementaskan sebuah drama yang berjudul ”Pencurian”. Drama kelompokku ini sangat kocak sekali. Setelah pensi kami membaca Al-qur’an. Pensi ini berlangsung sampai jam 22.30 WIB.
      Selanjutnya kami pun lekas tidur semua lampu dimatikan dan pikiran kami pun harus tetap isi dan tidak boleh kosong agar tidak terjadi sesuatu. Dalam tidur ini aku punya cerita lucu, sewaktu aku mau tidur aku dan temanku pun rangkulan seperti orang homo. Dan temanku yang yang lainnya ada yang tidur sambil mencium sepatu. Jam 01.15 kami dibangun kan dengan tiba-tiba oleh para kader kami dan disuruh untuk memakai pakaian OSIS. Lalu aku cepat-cepat memakai pakaian OSIS teman-temanku pun ada yang mengguanakan sajadah untuk ganti pakaian. Ada juga temanku yang sulit dibangunkan. Kami bangun jam sgini untuk melakukan kegiatan JM (Jerit Malam) keluar sekolah. Dalam kegiatan ini kami disuruh untuk berjalan dengan rute yang sudah ditentukan oleh para kader kami dengan mata tertutup, tetapi hanya satu orang yang di depan yang matanya tidak tertutup. Di dalam perjalanan itu kita harus mencari petunjuk jalan di setiap pos. Di perkampungan banyak sekali penampakan ternyata itu adalah para kader.
      Sesampainya di Sekolah kami diminta untuk berkumpul di kelas VIIIC, ternyata di sana ada renungan malam dan gojlokan. Kami digojlok habis-habisan sampai-sampai ada yang menangis. Setelah digojlok kami pun disuruh tidur lagi.
Keesokan harinya kami bangun subuh-subuh, lalu kami sholat subuh. Jam 06.00WIB kami melakukan olahraga pagi di Stadion. Badanv pun menjadi segar. Setelah itu kami pun lekas mandi. Ternyata kamar mandinya penuh, waduh......!!!!
    Jam 08.00 kami melakukan kegiatan sejenis lomba. Dalam kegiatan lomba tersebut ada baris-berbaris, melaksanakan 12 isyarat, dll. Hari mulai siang, jam menunujukkan pukul 13.00 WIB kami pun diperbolehkan pulang. Akhirnya lega juga sudah melewati kegiatan yang melelahkan ini.
    Sampai di rumah aku pun langsung tidur. Hhehehe ....!!!!

~ ~ ~


weleh . .  weleh eank ormat tegap benerrr. . . . !!!




hayohayo jalan.na eank tegap yya mazz . . . !!!



REMEMBER ! ! !

     Perlu kita ketahui dan ingat juga sasaran prioritas keselamatan berlalulintas antara lain :
1. Gunakan sabuk pengaman dan helm standar.
2. Gunakan kaca spion lengkap.
3. Lampu kenderaan bermotor lengkap dan berfungsi dengan baik.
4. Sepeda motor nyalakan lampu di siang hari.
5. Patuhi batas kecepatan
6. Kuranginkecepatan pada saat mendekati persimpangan.
7. Sepeda motor dan kendaraan berat gunakan lajur kiri.
8. Patuhi dan disiplin terhadap ketentuan berlalu lintas.
9. Patuhi rambu-rambu, marka jalan, dan peraturan lalu lintas.



ayo maju terus PKS ESPERO ! ! CAYO ! !



    
 










0 komentar: